Survei Kepuasan Pelanggan di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang pada bulan Januari sampai dengan Desember tahun 2021 melibatkan sejumlah 3965 responden dengan hasil sebagai berikut :
Rata – rata tahun 2021 nilai interval konversi IKM sebesar 86,48 dengan mutu pelayanan B dan kinerja unit pelayanan di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang adalah Baik.
Berikut adalah tabel yang menunjukkan data responden dan capaian tingkat kepuasan pelanggan di lingkungan RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang pada bulan Januari – Desember tahun 2021.
Analisis:
Respon time pelayanan dokter di IGD belum mencapai 100%.
Terdapat penurunan pada saat bulan Mei, Juni dan Agustus karena banya libur bersama sehingga kunjungan poliklinik beralih ke IGD
Terjadi tren perbaikan capaian pada TW terakhir
Analisis:
Rata-rata pasien dapat ditenangkan dan siap ditransfer ke ruangan dalam waktu kurang dari 2 jam
Waktu tunggu pelayanan Klinik Fisioterapi mencapai target pada saat angka kunjungan rendah
(kebijakan rujukan online BPJS)
Analisis:
karena tidak mempunyai dokter SpKFR purna waktu
Waktu tunggu layanan radiologi sesuai target
Waktu tunggu obat jadi rawat jalan pada TW 4 menunjukkan perbaikan
Pemantauan indikator pelayanan bedah dan anestesi sudah mencapai target
Analisis:
KTD yang belum mencapai target adalah kejadian fiksasi > 24 jam di IPCU
KTD cedera akibat fiksasi, pasien lari, bunuh diri, gangguan permanen akibat jatuh, dan NDR sudah mencapai target.
Rencana Tindak Lanjut :
Evaluasi standar terapi pasien akut dan penanganan medikamentosa yang adekuat pada kondisi akut
Hasil :
Terdapat 1 kejadian sentinel pada tahun 2018, pasien kejang yang menyebabkan kematian (e/c suspect aspirasi) Kategori KTD terbanyak adalah insiden pasien lari kekerasan fisik antar pasien
Analisis :
1. Pengawasan kurang
2. Sarpras kurang sesuai dengan standar keselamatan
3. Karakteristik pasien psikiatri
Rencana Tindak Lanjut :
1. Meningkatkan penerapan manajemen risiko baik dari aspek pelayanan maupun standar fasilitas
2. Edukasi dan identifikasi pasien berisiko
Analisis :
Kelengkapan Informed Consent sesudah mendapatkan informasi yang jelas belum mencapai target 100%. Namun terdapat tren peningkatan
Rencana Tindak Lanjut :
Sosialisasi ulang tentang kelengkapan informed consent
Analisis :
- Pemeliharaan alkes pada bulan Agustus – September 2018 melebihi target karena ada pendampingan pemeliharaan alkes dari BPFK.
- Kalibrasi alkes tercapai 92.88% dari target 100% karena penjadwalan kalibrasi belum semua terpenuhi oleh BPFK
Rencana Tindak Lanjut :
- Meningkatkan capaian dengan kerjasama dengan institusi kalibrasi terstandar selain BPFK
Hasil :
Analisis: