Detail

Blog Image

KENALI GEJALA AWAL HEPATITIS AKUT BERAT

Hai Healthies, saat ini WHO telah menetapkan penyakit Hepatitis Akut sebagai Kejadian Luar Biasa(KLB) pada 15 April 2022. Di Indonesia, sampai 30 April 2022 telah ditemukan tiga dugaan kasus pasien anak Hepatitis Akut meninggal dunia. 

Penyakit Hepatitis Akut ini menyerang anak 0-16tahun, mayoritas usia di bawah 10tahun. Dilaporkan 17 dari 170 anak dengan Hepatitis Akut membutuhkan transplantasi hati. Hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti penyakit ini, bukan dari virus Hepatitis A, B, C, D dan E. Dugaan awal berasal dari Adenovirus 41, SARS CoV-2, virus ABV dll. Cara menularnya diduga dari droplet, air yang tercemar dan transmisi kontak.

Gejala awal Hepatitis Akut adalah gangguan gastrointestinal seperti sakit perut, mual, muntah, diare. Gejala dapat berlanjut dengan air kencing berwarna pekat seperti teh, BAB putih pucat, kulit & mata kuning bahkan sampai penurunan kesadaran.

Pencegahan awal Hepatitis Akut yaitu tetap tenang, jangan panik. Kebersihan diri dan lingkungan berperan penting dalam mencegah infeksi Hepatitis Akut pada anak. Tetap patuhi prokes dengan mematuhi 3M. Tingkatkan kewaspadaan diri, apabila anak mengalami satu dari gejala Hepatitis Akut, disarankan segera dirujuk ke fasyankes terdekat. Jangan menunggu sampai mata anak kuning atau bahkan penurunan kesadaran. Silahkan Unduh Flyer berikut ini, untuk mengetahui lebih detail terkait Hepatitis Akut. Salam sehat.

Sumber: Kemenkes

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials